Bakal Direlokasi Usai Lebaran, Ini Permintaan PKL Dewi Sartika
Oleh Husnul Khatimah, pada May 24, 2018 | 19:33 WIB
Bakal Direlokasi Usai Lebaran, Ini Permintaan PKL Dewi Sartika
PKL Jalan Dewi Sartika. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Pemerintah Kota Bogor akan merelokasi pedagang kaki lima (PKL) Jalan Dewi Sartika usai lebaran. Sebelum upaya tersebut dilakukan Pemkot melakukan audiensi dengan perwakilan kelompok PKL untuk mendengar aspirasi mereka, Kamis (24/5/2018).

Perwakilan PKL melalui Purwanto menyampaikan sejumlah masukan kepada Pemkot terkait rencana relokasi di antaranya soal waktu penertiban yang mereka minta supaya dilaksanakan setelah pelaksanaan Pilkada Kota Bogor 27 Juni mendatang.

Permintaan lainnya dari para PKL yaitu soal uang muka kios yang harus mereka bayarkan nantinya setelah direlokasi. Mereka melalui Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman meminta untuk bisa mengupayakan agar uang muka dapat ditekan hingga nol persen.

"Karena terus terang saja kondisi ekonomi saat ini lesu, bahkan bisa dikatakan kondisi kita pun sedang kritis. Jualan, khususnya dari sebelum bulan puasa sampai sekarang sepi terus. Oleh karena itu, kami meminta supaya kiranya soal uang muka kios ini kita bisa dikasih nol persen," kata Purwanto.

Sementara itu Usmar Hariman mengatakan, semua aspirasi dan masukkan dari para PKL akan ditampung dan coba untuk direalisasikan. Hanya saja soal waktu penertiban akan coba dikomunikasikan kembali bersama dinas terkait dan unsur Muspida lainnya.

"Sementara mengenai permintaan mereka supaya uang muka kios di tempat milik PT. Javana nol persen itu, akan coba kita bantu dan dicarikan solusinya. Mungkin nanti Pemkot bisa menutupinya dengan anggaran dari dana hibah bansos di anggaran perubahan tahun 2018 ini. Nanti akan dibicarakan lagi bersama Pak Sekda dan teman-teman di DPRD," kata Usmar.

Sementara untuk kios yang berada di aset milik PD Pasar Pakuan Jaya, ada jalan terbaik untuk para PKL. Dimana BUMD ini akan membebaskan biaya retribusi sampah dan keemanan selama masa transisi. Meski begitu, belum disebutkan dengan jelas untuk berapa lama bebas biaya retribusi itu diberikan kepada para PKL.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox