Tarawih di Masjid Raya Kota Bogor Sama dengan Mengkhatamkan 1 Juz Alquran
Oleh Husnul Khatimah, pada May 21, 2018 | 15:34 WIB
Tarawih di Masjid Raya Kota Bogor Sama dengan Mengkhatamkan 1 Juz Alquran
Masjid Raya Kota Bogor. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR BARAT, AYOBOGOR.COM--Salat tarawih adalah salah satu ibadah pada saat bulan Ramadan. Ibadah ini dapat dilakukan di masjid dan di Kota Bogor salah satu Masjid yang menjadi favorit warga untuk tarawih adalah Masjid Raya Kota Bogor.

Ketua Dewan Kemakmuran (DKM) Masjid Raya Kota Bogor, Ahmad Fathoni, mengatakan jika salat tarawih di masjid ini artinya menamatkan 1 juz Alquran dalam 1 hari atau dikenal dengan one day one juz.

"One day one juz itu jadi disini salat tarawih jumlah bilangan 20 rakaat witir 3 rakaat nah selama salat itu satu malam itu imam mengkhatamkan 1 juz jadi 1 malam 1 juz," ujar Fathoni kepada ayobogor saat ditemui di Masjid Raya Kota Bogor, Senin (21/5/2018).

Fathoni menambahkan mengkhatamkan 1 juz Alquran dalam salat tarawih ini sudah dilakukan sejak tahun 2013. Tiap malamnya juz yang akan dibaca adalah juz yang berbeda-beda.

"Tiap malam beda-beda juz kayak malam ini malam ke lima berarti kita mengkhatamkan juz ke lima," kata Fathoni.

Mengkhatamkan 1 juz Alquran hanyalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh DKM Masjid Raya Kota Bogor untuk lebih menghidupkan bulan yang penuh berkah ini. 

Fathoni menjelaskan lebih lanjut kegiatan lainnya yang diadakan oleh pihaknya selama Ramadan adalah salat wajib berjamaah, tarawih, tausiyah menjelang Zuhur dan  menjelang buka puasa, pembacaan Ratib Haddad, buka puasa bersama, tadarus, pesantren kilat bagi pelajar, majelis taklim dan lain-lain.

Disamping kegiatan keibadahan pada tanggal 1 hingga 3 Juni nanti Masjid Raya Kota Bogor akan mengadakan bazar islami yang akan diisi oleh lomba fashion show, hafidz dan lomba mewarnai. Kemudian nantinya juga akan ada tausiyah on air yang akan disiarkan salah satu stasiun televisi swasta.

"Intinya kegiatan Ramadan ini kita kemas untuk menghidupkan bulan suci Ramadan dan kita dianjurkan untuk menghidupkan kegiatan bulan suci Ramadan ini untuk banyak beribadah," tutup Fathoni.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox