Usmar Imbau Warga Tak Gelar Sahur On The Road
Oleh Husnul Khatimah, pada May 17, 2018 | 18:19 WIB
Usmar Imbau Warga Tak Gelar Sahur On The Road
Plt Wali Kota Bogor, Usmar Hariman. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Sahur On The Road (SOTR) atau melakukan aktifitas sahur di jalanan kerap menjadi salah satu rutinitas warga saat bulan Ramadhan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah konvoi keliling kota dengan menggunakan kendaraan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengimbau masyarakat agar tidak melakukan konvoi. Selain karena rawan kecelakaan, juga rawan terjadinya gesekan dan mengganggu ketertiban umum. Namun jika tujuannya adalah ingin berbagi makanan sahur, bisa langsung ke lokasi yang dituju tanpa melakukan konvoi.

“Untuk saat ini masih dalam bentuk imbauan belum ke pelarangan. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama remaja untuk memanfaatkan waktu sahur dengan hal positif bernilai ibadah,” ujar Plt Wali Kota Bogor, Usmar Hariman saat ditemui di Balaikota Bogor, Kamis (17/05/2018).

Usmar menuturkan, SOTR ini masih harus dikaji bersama dengan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan tokoh agama untuk melihat kepentingan dan maslahat yang ditimbulkan. Jika memang SOTR yang dilakukan dijadikan ajang dakwah, membangunkan orang sahur dan untuk berbagi serta dilakukannya di satu titik yakni yayasan atau panti asuhan tidak menjadi permasalahan.

“Kalau seperti itu sah-sah saja melakukan SOTR, selama dilakukan dengan tertib sesuai dengan tujuannya. Bukan konvoi di jalan memakai atribut yang berpotensi mengganggu kenyamanan hingga menimbulkan kecelakaan,” kata Usmar.

Meski demikianu, Usmar menekankan agar semangat SOTR tidak membuat salat shubuh terlewat atau malah tidak berpuasa. Sebisa mungkin, setelah melakukan SOTR kembali ke rumah masing-masing dan menjalankan sholat shubuh berjamaah di Masjid. 

“Akan lebih baik puasa ini jadi ajang memperbanyak ibadah dan memperbaiki kualitas ibadah,” tutup Usmar.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi