Kota Bogor Bakal Terapkan Penerangan Jalan Umum Berteknologi Tinggi
Oleh Husnul Khatimah, pada May 15, 2018 | 17:43 WIB
Kota Bogor Bakal Terapkan Penerangan Jalan Umum Berteknologi Tinggi
Master Plan Smart Street Lighting. (Husnul Khatimah/ayobogor).

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana menerapkan penerangan jalan umum (PJU) berteknologi tinggi atau smart street lighting di wilayahnya untuk pengelolaan yang lebih pintar dan modern.

Kepala Subbidang Perencanaan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bogor, Naufal Isnaeni mengatakan, smart street lighting ini merupakan kerjasama Pemkot Bogor dengan bank pembangunan Prancis yakni AFD.

"Iya akan diterapkan di Kota Bogor, rencananya begitu, ini baru kajian artinya nanti tergantung tindak lanjut pimpinan pak walikota untuk bisa menetapkan apakah akan melaksanakan atau tidak," ujar  kepada ayobogor, Selasa (15/5/2018).

Meski belum bisa dipastikan akan diterapkan, Naufal menyatakan, master plan smart street lighting telah dihibahkan oleh pihak Prancis kepada Pemkot Bogor melalui sebuah pertemuan yang diadakan di Balai Kota Bogor hari ini.

"Mereka memberikan hibah pembuatan master plan penerangan jalan pintar atau master plan smart street lighting yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 jadi baru selesai sekarang dan baru diserahkan kepada kita sekarang," ungkapnya.

Naufal menjelaskan, smart street lighting merupakan PJU pintar yang efisien dalam penghematan energi dan biaya. Karena PJU tersebut dapat dikontrol kapan dan dimana harus mengeluarkan cahaya yang terang dan kapan meredup.

"Jadi bisa dikontrol mana yang perlu terang mana yang perlu terang banget, seperti ketika mobil lewat bisa terang banget atau sebaliknya makanya itu disebut smart bisa di kontrol dalam satu pengendalian terus bisa kelihatan konsumsi listrik yang digunakan dan kalau ada yang mati bisa diketahui," jelas Naufal.

Penerapan PJU pintar ini akan dilakukan secara bertahap dengan memasang terlebih dahulu di jalan utama di Kota Bogor kemudian pada jalan-jalan yang lainnya.

Naufal memperkirakan dibutuhkan biaya sekitar Rp 90 miliar untuk pengadaan smart street lighting ini namun jika telah terwujud PJU pintar ini bisa menghemat Rp 27 miliar anggaran untuk PJU dalam lima tahun.

"Kalau yang dibutuhkan sekitar 90 miliar tapi kita bisa efesien biaya setelah lima tahun itu nanti 27 miliar. Jadi 27 miliar itu bisa membangun PJU yang lain," tutup Naufal.

 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi