Cinta Baca, Perpustakaan Kekinian di Kota Bogor
Oleh Husnul Khatimah, pada May 11, 2018 | 16:58 WIB
Cinta Baca, Perpustakaan Kekinian di Kota Bogor
Perpustakaan Cinta Baca, Bogor. (Husnul Khatimah/ayobandung)

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM--Perpustakaan yang bernuansa kekinian hadir di Kota Bogor. Perpustakaan itu bernama Cinta Baca yang beralamat di Jalan Bogor Baru, Kecamatan Bogor Utara.

Perpustakaan Cinta Baca dimiliki oleh sebuah yayasan yang fokus bergerak dalam bidang literasi, Yayasan Cinta Baca. Ketua Yayasan Cinta Baca, Pardomuan Nainggolan mengatakan, perpustakaan Cinta Baca sudah didirikan di berbagai kota di Indonesia, dan kali ini giliran bagi Kota Bogor.

"Kami bersyukur dengan dibukanya perpustakaan ini. Harapan kami supaya ini bisa didedikasikan kepada masyarakat yang ada di sekitar perpustakaan ini, tapi secara umum juga untuk kota Bogor," ujar Pardomuan usai peresmian, Jumat (11/5/2018).

Pardomuan menjelaskan, perpustakaan ini disebut sebagai perpustakaan kekinian karena konsep perpustakaan dikemas berbeda dengan perpustakaan lainnya yang bertujuan untuk tidak membuat suasana kaku yang selama ini identik dengan perpustakaan.

"Kami berupaya membuat suasana itu tidak terlalu kaku hanya pada buku-buku saja, tetapi dengan berbagai aktivitas di dalamnya kemudian juga desain yang lebih keren dan lebih kekinian," jelas Pardomuan.

Di perpustakaan Cinta Baca, pengunjung tidak hanya membaca buku, tapi juga bisa bermain gim melalui fasilitas yang telah disediakan. Kemudian juga terdapat English Club, pemutaran film sains, malam budaya, dan story telling untuk anak-anak.

Saat ini, Cinta Baca memiliki 15.000 koleksi buku dengan tema ilmu pengetahuan, sains, dan tema-tema lainnya. Sama dengan perpustakaan lainnya, di Cinta Baca pengunjung harus menjadi anggota agar bisa meminjam dan membaca buku.

"Buku-buku yang kami sediakan di sini diperhatikan, bukan buku-buku kekerasan, pornografi, SARA, intinya harus bebas dari hal itu. Kami sediakan buku-buku yang sehat," kata Pardomuan.

Selain perpustakaan, Yayasan Cinta Baca juga memiliki taman baca dan pos baca yang tersebar di beberapa kota besar di tanah air. Saat ini jumlah perpustakaan sendiri sudah mencapai 124 unit.

Terkait pengadaan buku, Cinta Baca juga mempunyai program gerakan donasi buku di mana dalam program ini diharapkan masyarakat maupun pemerintah berperan dalam menyumbangkan buku-buku. Buku tersebut nantinya bukan hanya untuk Kota Bogor, tapi juga ke daerah lainnya.

"Gerakan donasi buku untuk melibatkan masyarakat berkontribusi menyumbangkan buku-buku dengan tujuan untuk pencerdasan anak-anak. Jadi kami di sini juga membuka kotak sumbangan setiap orang bisa sumbang buku baik buku lama maupun baru," tutup Pardomuan.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi