Di Belanda, Usmar Temukan Ribuan Dokumentasi Sejarah Kota Bogor
Oleh Husnul Khatimah, pada Apr 24, 2018 | 17:04 WIB
Di Belanda, Usmar Temukan Ribuan Dokumentasi Sejarah Kota Bogor
Pelaksana Tugas Wali Kota Bogor, Usmar Hariman. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Pelaksana Tugas Wali Kota Bogor, Usmar Hariman baru saja kembali ke Kota Bogor setelah lima hari melakukan perjalanan dinas ke Belanda untuk menelusuri bukti otentik sejarah Kota Bogor. Di Belanda, Usmar menemukan ribuan dokumentasi sejarah terkait kota hujan.

"Yang jelas (ke Belanda) ini menindak lanjuti hasil MoU Wali Kota Bogor dengan pemerintah Belanda melalui University of Leiden. Di Belanda, kami menelusuri sejarah Kota Bogor secara otentik," ujar Usmar di Balai Kota, Selasa (24/4/2018).

Selama lima hari di Leiden, dia diterima langsung oleh petugas aset negara Belanda untuk kemudian secara bersama melakukan identifikasi terhadap bukti sejarah yang ada di perpustakaan Leiden.

"Di perpustakaan Leiden itu untuk sejarah kota Bogor bisa diidentifikasi lebih kuat lagi. Ada ribuan buku terkait sejarah kota Bogor dari sejak mereka datang sampai mereka meninggalkan Indonesia," kata Usmar.

Di perpustakaan Leiden itu, mayoritas buku dan dokumen sejarah terkait kota Bogor telah berbentuk digital baik berupa narasi sejarah, peta kuno Kota Bogor maupun dokumen penting lainnya. Namun pihaknya belum mengetahui isi dokumen-dokumen tersebut secara detail.

Untuk mengetahui isi dokumen tersebut, dibutuhkan kajian oleh tim ahli. 

"Untuk dua Minggu ke depan dinas arsip dan perpustakaan akan di sana untuk mengidentifikasi. Dan kalau dalam dua minggu bisa selesai tidak perlu membuat tim khusus. Tapi disarankan Leiden membentuk tim khusus sehingga secara detail bisa dirangkai sejarah otentik Kota Bogor," ungkapnya.

Usmar berharap, dengan adanya penelusuran bukti sejarah ini minimal bisa menghasilkan dokumen atau buku yang berisi hasil prapenelusuran sejarah otentik Kota Bogor yang ditargetkan bisa terwujud tahun ini. Dan pada tahun 2019 nanti, 2019 dilanjutkan secara detail tentang isinya secara mendalam.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox