Beredar Isu Harga Mahal, Rusunawa Cibuluh Sempat Kurang Peminat
Oleh Husnul Khatimah, pada Apr 17, 2018 | 21:00 WIB
Beredar Isu Harga Mahal, Rusunawa Cibuluh Sempat Kurang Peminat
Rusunawa Cibuluh, Bogor. (Husnul Khatimah/ayobogor)

TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM—Beredar kabar soal isu harga rusun yang mahal saat pendaftaran calon penghuni rusunawa Cibuluh mulai dibuka pada Januari lalu. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Rusunawa pada Perumahan dan Permukiman Kota Bogor, Sujiyanto.

"Waktu itu di Cibuluh banyak sudah yang daftar dan datang juga banyak. Cuma waktu itu pernah tersebar rumor harus membayar mahal sampai Rp7 juta kalau mau tinggal di rusunawa," kata Sujiyanto kepada ayobogor saat ditemui di kantornya, Selasa (17/4/2018).

Sujiyanto sendiri mengetahui kabar tersebut dari masyarakat. Rumor itu sempat membuat peminat rusunawa Cibuluh berkurang. Dia sendiri tak tahu siapa oknum yang menyebarkan isu tersebut.

"Enggak tahu itu orang enggak bertanggung jawab yang memberikan informasi kepada masyarakat. Padahal enggak dipungut biaya apapun," kata Sujiyanto.

Lebih lanjut, Sujiyanto mengatakan, masyarakat berpenghasilan rendah yang hendak menghuni Rusunawa Cibuluh pada awalnya hanya akan dikenakan biaya jaminan sebesar Rp1,35 juta untuk harga hunian termahal.

"Itu sebagai jaminan saja yang sewaktu-waktu dia keluar, jaminan itu kami serahkan lagi. Jadi jaminan ini uang sementara yang ditaruh dan jaminan tadi bisa diambil dengan mereka harus tinggal minimal 6 bulan," kata Sujiyanto.

Sujiyanto mengatakan, setelah isu harga Rusunawa mahal beredar, pihaknya pun berupaya untuk meluruskan kepada masyarakat. Setelah informasi diluruskan, peminat rusun pun kembali meningkat dan hingga kini sudah 41 hunian yang telah terisi dari total 198 hunian.

Untuk diketahui, rusunawa Cibuluh adalah rusun yang pembangunannya dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai hunian bagi masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah UMK Kota Bogor.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi