Sempat Dikosongkan, Rusunawa Cibuluh Sudah Bisa Dihuni
Oleh Husnul Khatimah, pada Apr 17, 2018 | 13:33 WIB
Sempat Dikosongkan, Rusunawa Cibuluh Sudah Bisa Dihuni
Rusuwa Menteng Asri.

TANAH BARU, AYOBOGOR.COM--Sempat dikosongkan sekitar dua tahun setelah selesai dibangun pada tahun 2015, kini Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Cibuluh sudah bisa dihuni kembali.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Rusun Kota Bogor, Sujiyanto, mengatakan pendaftaran calon penghuni rusunawa bantuan dari kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini telah dibuka sejak awal tahun 2018.

"Rusunawa Cibuluh itu sudah bisa mulai dihuni pada awal tahun ini karena pada tahun sebelumnya itu setelah selesai dibangun PUPR masih ada kewajiban optimalisasi karena ada yang masih harus disempurnakan lagi makanya baru bisa dihuni tahun 2018 ini," kata Sujiyanto kepada ayobogor saat ditemui di kantornya, Selasa (17/4/2018).

Sujiyanto menjelaskan Rusunawa Cibuluh memiliki kapasitas hunian sebanyak 198 unit dengan tipe 24. Satu hunian terdiri atas satu ruang keluarga, dapur, kamar mandi, dan kamar tidur. Selain itu juga terdapat fasilitas lainnya seperti mushalla, lahan parkir dan lainnya.

"Dari total 198 kapasitas itu tidak boleh dipergunakan seratus persen karena berdasarkan aturan rusunawa minimal harus dicadangkan 10% untuk menampung korban bencana di kota Bogor," kata Sujiyanto.

Sesuai namanya rusunawa ini hanya diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Acuan yang dipakai adalah Upah Minimum Kota (UMK)  Bogor. Jika seseorang memiliki penghasilan dibawah UMK maka dikategorikan MBR dan boleh menghuni rusunawa.

"Masyarakat berpenghasilan rendah ini bisa dari masyarakat Kota Bogor atau orang yang bekerja menetap di Bogor bukan asli orang Bogor," kata Sujiyanto.

Sejak mulai dibuka pada Januari, masyarakat Kota Bogor dikatakan Sujiyanto cukup antusias agar bisa menghuni rumah susun yang bertujuan untuk mengurangi pemukiman kumuh itu setidaknya sudah 41 hunian yang telah terhuni.

"Alhamdulillah sekarang perhari kemarin sudah ada 41 penghuni dari 198 kapasitas hunian dan sejauh pantauan ada banyak yang sudah datang ambil formulir dan konsultasi ke kita mengenai rusun," kata Sujiyanto.

Bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin menghuni rusunawa Cibuluh ini bisa langsung datang ke kantor UPTD Rusun Kota Bogor di Rusunawa Menteng Asri. Harga hunian dibanderol dengan harga Rp. 375.000 - Rp. 450.000.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi