Kebiasaan Buruk yang Meningkatkan Kolesterol
Oleh Husnul Khatimah, pada Apr 02, 2018 | 10:33 WIB
Kebiasaan Buruk yang Meningkatkan Kolesterol

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Anda didiagnosis berkolesterol tinggi? Hal ini mungkin membuat Anda takut dan putus asa. Wajar merasa demikian, karena penyakit apa pun, entah itu besar atau kecil, dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dan ketenangan mental!

Dewasa ini sebagian orang sangat akrab dengan istilah kolesterol tinggi, karena penyakit gaya hidup ini telah menjadi sangat umum. 

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab penyakit jantung, obesitas, dan penyakit lainnya. Namun, kolesterol tetap bisa terkendali dengan perubahan gaya hidup seperti mengikuti diet sehat dan rutin berolahraga. Berikut adalah sejumlah tips menu makanan bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi!

1. Menghindari Lemak Tidak Sehat
Sekarang, kebanyakan orang awam berpikir bahwa semua lemak tidak sehat dan meningkatkan kadar kolesterol. Namun sebenarnya tubuh membutuhkan lemak yang sehat agar tubuh berfungsi dengan baik. Tidak semua lemak tidak sehat. Misalnya, lemak dalam pizza dan burger tidak sehat, tetapi lemak dalam alpukat dan kelapa sehat! Jadi, menambahkan lemak sehat ke dalam diet Anda juga dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami!

2. Makan Jenis Daging yang Salah
Jika Anda seorang penyuka daging dan telah didiagnosis berkolesterol tinggi, Anda harus segera melakukan perubahan dalam diet Anda. Mengonsumsi daging seperti daging sapi, babi, dll, dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Anda dapat memilih daging tanpa lemak seperti ayam dan juga makanan laut tertentu yang merupakan pilihan yang lebih sehat.

3. Diet Rendah Kalsium
Kalsium adalah mineral yang sangat penting, yang diperlukan agar tubuh tetap sehat dan kuat, khususnya untuk tulang dan perkembangan sel otak. Selain itu, banyak penelitian telah membuktikan bahwa kalsium juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Jadi, jika Anda tidak mengkonsumsi makanan kaya kalsium seperti produk susu, bayam, telur, dll, Anda bisa memperburuk masalah kolesterol tinggi Anda!

4. Mengonsumsi Makanan Rendah Serat
Selain protein, lemak sehat, mineral, dll, serat juga sangat penting untuk ditambahkan pada diet Anda agar tetap sehat. Serat sangat membantu bagi orang-orang dengan kolesterol tinggi, karena mereka dapat menghilangkan pembentukan plak di arteri, yang disebabkan oleh kondisi ini. Jadi, menambahkan makanan kaya serat ke diet Anda seperti kecambah, buah, sayuran hijau, dll, dapat membantu!

5. Mengonsumsi Minuman Alkohol Berlebihan
Banyak yang sudah paham bahwa mengonsumsi alkohol berlebihan secara teratur berdampak buruk bagi kesehatan. Di samping masalah psikologis, hal tersebut juga dapat menyebabkan masalah fisiologis termasuk kanker! Alkohol kaya lemak dan tidak sehat, sehingga secara drastis dapat memperburuk gejala kolesterol tinggi Anda, bahkan jika Anda mengonsumsinya sesekali!

6. Tidak Menurunkan Berat Badan
Baik kolesterol tinggi dan lemak tubuh tinggi adalah penyakit gaya hidup yang berjalan seiring. Kolesterol tinggi dapat memicu kenaikan berat badan dan sebaliknya. Jadi, jika Anda ingin menjaga kadar kolesterol Anda terkendali, Anda harus berusaha mengurangi berat badan dan tingkat lemak tubuh Anda.

7. Tidak Mengonsumsi Kacang
Apakah Anda memiliki kolesterol tinggi atau tidak, mengonsumsi kacang secara teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kacang-kacangan mengandung senyawa yang dikenal sebagai sterol, yang terbukti mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, secara alami. Jadi, mengkonsumsi kacang setiap hari dapat membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi Anda.

8. Tidak Mengelola Stres
Seperti yang diketahui, stres adalah salah satu penyebab utama sejumlah masalah kesehatan, baik mental maupun fisiologis. Stres bisa menjadi penyebab penyakit seperti kanker! Ketika kadar kortisol di tubuh Anda meningkat karena stres, kortisol pada gilirannya dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh Anda. Jadi, belajar mengelola stres dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi