Pelican Crossing, Fasilitas untuk Manjakan Penyeberang Jalan di Kota Bogor
Oleh Husnul Khatimah, pada Mar 13, 2018 | 19:05 WIB
Pelican Crossing, Fasilitas untuk Manjakan Penyeberang Jalan di Kota Bogor
Pelican Crossing Depan Kantor Balaikota Bogor. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR SELATAN, AYOBOGOR.COM -- Bagi masyarakat Kota Bogor yang pernah melintasi jalan yang melingkar di seputar Kebun Raya Bogor tentu tidak akan asing dengan lampu penyeberangan orang yang dilengkapi tombol seperti yang terletak di Depan Kantor Balaikota Bogor.

Lampu penyeberangan itu menyala merah saat tombolnya ditekan oleh penyeberang jalan. Kasi Rekayasa Lalulintas Kota Bogor, Fredi Kurniawan, mengatakan lampu tersebut dinamakan pelican crossing.

"Itu namanya pelican crossing fungsinya sebagai fasilitas penyeberangan jadi membantu keselamatan penyeberang jalan. Waktu ditekan dia akan bernyala merah" ujar Fredi kepada ayobogor saat ditemui di kantornya, Selasa (13/3/2018).

Dia mengatakan pelican crossing dibangun untuk memanjakan penyeberang jalan karena menurutnya dalam ruang lingkup lalulintas pejalan kaki mendapatkan posisi yang lebih tinggi dibandingkan pengguna kendaraan.

"Secara prinsip kebijakan pengembangan lalu lintas memprioritaskan pejalan kaki, pengguna pengendara itu dibawah pejalan kaki karena pejalan kaki ini pengguna jalan yang paling rentan dari sisi keamanan keselamatan makanya setiap desain atau fasilitas pasti memanjakan pejalan kaki," terang Fredi.

Dia menerangkan fungsi pelican crossing sama saja dengan lampu merah yang ada di persimpangan begitu juga dengan aturannya dimana jika lampu merah menyala maka itu adalah isyarat bagi pengendara untuk berhenti dan harus berhenti.

Fredi menjelaskan untuk membangun pelican crossing di suatu titik harus melalui kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria itu adalah volume kendaraan yang melintas di sekitar lokasi pemasangan, volume pejalan kaki, dan asas kebermanfaatan.

"Jadi ada surveinya, ada hitungan teknisnya, ruas jalan mana yang cukup dengan zebra cross saja dan ruas jalan mana yang harus ditambah lagi dengan pelican crossing, ada teknisnya itu sesuai standar penyeberangan jalan," jelas Fredi.

Sejauh ini di kota Bogor sendiri terdapat dua pelican crossing. Kedua fasilitas penyeberangan orang itu terdapat di depan kantor Balaikota Bogor dan di depan Kantor Pos Kota Bogor.

Pelican crossing yang sudah ada dinilai cukup efektif untuk memberikan keselamatan kepada penyeberang jalan. Ke depan Pemerintah Kota Bogor berencana untuk menambah fasilitas tersebut.

"Kita akan tambah lagi nanti tapi tergantung keuangan daerah dan kitapun akan menyesuaikan kondisi teknis di lapangan tidak semua zebra cross harus dipasang pelican crossing," ucap Fredi.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi