Sebentar Lagi, Bus Pelesir Uncal Bakal Beroperasi
Oleh Husnul Khatimah, pada Mar 09, 2018 | 14:56 WIB
Sebentar Lagi, Bus Pelesir Uncal Bakal Beroperasi
Bus Uncal, Bogor. (Antara Foto)

BOGOR SELATAN, AYOBOGOR.COM -- Jika tidak ada halangan, bus khusus untuk mengangkut wisatawan berkeliling Kota Bogor, yakni Unforgettable City Tour at Lovable City alias Uncal, bakal beroperasi tahun ini.

Kasi Angkutan Tidak Dalam Trayek Dinas Perhubungan Kota Bogor, RA Mulyadi mengatakan, bus Uncal telah diperkenalkan kepada warga kota Bogor pada awal Januari tahun 2017. Namun, karena masih membutuhkan pemeriksaan, Uncal belum sepenuhnya beroperasi.

"Masyarakat udah booming waktu perkenalan itu, mana Uncal tiba-tiba ngilang. Mereka enggak tahu bahwa Uncal masih dalam proses pemeriksaan. Mudah-mudahan tahun ini insya Allah udah bisa beroperasi," ujar Mulyadi saat ditemui ayobogor di kantornya, Jumat (9/3/2018).

Mulyadi menjelaskan, setelah peluncuran, beberapa kali Uncal sebenarnya sempat membawa tamu Pemerintah Kota Bogor untuk berkeliling. Namun, setelah itu Uncal harus menjalani sejumlah pemeriksaan seperti pemeriksaan teknis di Dishub Provinsi Jawa Barat.

Pemeriksaan teknis bersama Dishub Jabar telah selesai dijalani oleh Uncal. Kemudian bus yang didominasi oleh warna biru ini pun harus menjalani pemeriksaan lagi bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan.

Saat diperiksa oleh BPTD, Uncal mendapati masalah teknis. “Panjangnya melebihi panjang yang disarankan di antara 10-20 sentimeter. Nah, dipotong dulu, tuh,” kata Mulyadi.

Berita acara tentang hasil pemeriksaan dan pemotongan bus oleh BPTD telah dikantongi oleh Dishub. Namun, Uncal masih membutuhkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk dinyatakan layak beroperasi.

"Jadi udah keluar berita acara bahwa itu sudah diperiksa. Sudah sesuai, tinggal nunggu SRUT dari pusat. Setelah selesai dari pusat keluar SRUT, jadi dinilai itu sudah layak jalan," ujar Mulyadi.

Setelah mendapatkan SRUT, sebenarnya masih dibutuhkan pengujian lagi. Namun Mulyadi menilai yang terpenting adalah mendapatkan SRUT dulu karena pengujian berpedoman pada isi dari SRUT.

Sebagaimana diketahui, bus Uncal saat ini baru tersedia satu unit. Jika nantinya jumlah bus Uncal akan ditambah maka menurut Mulyadi tak diperlukan lagi untuk mendapatkan SRUT.  "Nanti kalau ada Uncal lagi gak usah lagi pakai SRUT, itu karena sudah ada SRUT yang pertama kali, jadi mengikuti (SRUT pertama)," tandas Mulyadi.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi