Jalur Puncak Bakal Ditutup Selama 10 Hari
Oleh Husnul Khatimah, pada Feb 06, 2018 | 16:12 WIB
Jalur Puncak Bakal Ditutup Selama 10 Hari
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

PUNCAK, AYOBOGOR.COM -- Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, mengatakan jalur Puncak, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor bakal ditutup selama 10 hari demi kepentingan penanganan longsor.

"Informasinya di bawah jalan (puncak) itu ada keropos, jadi untuk itu mulai hari ini sampai dengan waktu sepuluh hari untuk yang berada di Bogor jalan mulai Gunung Mas sampai Ciloto itu tidak bisa dilalui sama sekali," ujar Budi di Puncak, Selasa (6/2/2018).

Budi menjelaskan keputusan menutup jalur Puncak itu diambil oleh pihaknya melalui rapat dengan Kementerian PU, Tim Geologi dan pihak-pihak terkait lainnya. Dari hasil rapat itu disepakati untuk menangani longsor di Puncak dibutuhkan waktu 10 hari.

"Untuk penanganan longsor yang ada di Puncak sampai Cianjur hasil kesepakatan kita akan 10 hari untuk penanganan longsor yang di Puncak, tapi untuk penanganan di Ciloto Cianjur itu kemungkinan akan memakan waktu lebih lama," terang Budi.

Setelah 10 hari, kemudian tim penanganan longsor Puncak ini akan melakukan peninjauan dan evaluasi untuk menentukan apakah waktu tersebut sudah cukup karena penanganan yang di Cianjur sendiri diperkirakan akan lebih dari itu.

Mengenai penanganan penutupan jalur puncak di lapangan, Dirjen Perhubungan akan menyerahkannya ke Polres Bogor. Saat ini hanya sepeda motor yang masih diperbolehkan untuk melewati titik tersebut.

Untuk penutupan Kemenhub juga akan membuat regulasi sebagai payung hukum bahwa jalur puncak akan ditutupk.

"Kementerian Perhubungan akan membuat regulasi peraturan menteri mulai hari ini juga, besok kita harapkan sudah ditandatangani pak menteri. Kendaraan dari semua jenis tidak bisa lewat lagi dari Gunung Mas hingga Ciloto tapi gunung mas ke bawah masih memungkinkan untuk dilewati," jelas Budi.

Budi pun meminta masyarakat untuk memakluminya.

"Saya sampaikan kepada semua pihak yang menggunakan jalur ini kita harapkan bisa memaklumi. Kita harapkan masyarakat sudah langsung memahami sehingga sepuluh hari kedepan kita harapkan tidak ada lagi ada masyarakat yang akan traffic mulai Bogor arah puncak karena mungkin arah Cianjur akan kita alihkan dari Ciawi langsung ke Sukabumi atau sebaliknya," tutup Budi.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox