Yamaha NMax

Teknologi Blue Core Yamaha, Hemat Bahan Bakar

  Senin, 19 November 2018   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Dokumen yamaha-motor.co.id)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Teknologi Blue Core merupakan salah satu fitur canggih yang dimiliki motor Yamaha. Penerapan teknologi Blue Core di sepeda motor Yamaha merupakan buah inovasi dari riset dan pengembangan yang terus dilakukan pabrikan asal Negeri Sakura ini.

Dinukil dari laman resmi Yamaha, teknologi Blue Core ini dideskripsikan sebagai perangkat yang memungkinkan proses pembakaran pada motor menjadi semakin optimal. Optimalisasi berimplikasi pada makin sedikitnya residu dari proses pembakaran yang terjadi. Sehingga penggunaan bahan bakar bisa menjadi lebih hemat 50%.

Dalam proses pembakaran, tidak semua energi yang diproduksi dan dihasilkan sistem pembakaran mesin disalurkan melalui roda belakang. Energi terbuang tersebut akan membentuk gesekan dan panas. Dengan teknologi Blue Core, panas akibat gesekan yang terjadi bisa dimanfaatkan sebagai sumber pembakaran untuk menghasilkan tenaga.

Teknologi ini juga membuat beban kendaraan Yamaha menjadi semakin enteng lantaran desain pada sasis diubah dan diganti dengan mesin yang terbuat dari bahan lebih ringan. Di beberapa tipe kendaraan, keberadaan Blue Core ini bisa menurunkan kapasitas mesin dan mampu mengurangi proses gesekan yang selalu terjadi ketika piston sedang bekerja naik dan turun.

Fungsi lain dari Blue Core yang diaplikasikan dalam semua produk teranyar Yamaha ini adalah menciptakan sistem pembakaran pada mesin yang semakin maksimal melalui perubahan desain di bagian injektor bahan bakar dan katup. Semakin sempurna proses pembakaran, semakin sedikit emisi gas yang dikeluarkan dari saluran pembuangan.

Blue Core juga memungkinkan panas pada mesin bisa dilepaskan secara lebih cepat. Sebab itu, Yamaha selalu memakai model desain sirip pada mesin pelepasan panasnya dalam jumlah yang lebih banyak sekaligus lebih rapat. Sistem kerja pendinginnya yang menggunakan air dan oli bisa disempurnakan dengan tujuan agar tidak terlalu banyak energi yang terbuang.

Selain mesin, ke depan Yamaha juga mempunyai niat mengaplikasikan teknologi Blue Core pada bodi motor. Sebab penggunaan teknologi ini sendiri memang ditujukan pada pengoptimalan sistem kerja mesin. Sehingga ketergantungan pada perkakas elektronik dan sejenisnya bisa dikurangi


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar