Yamaha Aerox

Bayar Ongkos Angkot Modern Bisa Pakai E-money

  Kamis, 13 September 2018   Husnul Khatimah
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Husnul/ayobogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Setidaknya 25 angkutan kota (Angkot) modern ditarget akan beroperasi di Kota Bogor pada akhir September. Kehadiran angkot dimaksud untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dan konversi angkot di Kota Hujan.

Seturut namanya, angkot modern memiliki fasilitas kekinian yang tak dimiliki angkot konvensional seperti TV, AC, WIFI, CCTV, dan charger ponsel. Tak hanya fasilitas yang membedakan angkot ini dengan angkot konvensional, cara pembayaran ongkos pun berbeda.

Jika sudah beroperasi nantinya penumpang yang menaiki angkot modern bisa membayar ongkos dengan menggunakan uang nontunai atau e-money. Pembayaran dilakukan dengan menempel kartu elektronik pada mesin tapping yang terpasang di belakang sopir.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan sistem pembayaran menggunakan mesin tapping ini akan diterapkan pada keseluruhan angkot modern dan akan dikerjasamakan dengan pihak bank.

"Nanti semuanya tapping, untuk sementara kalau belum punya (uang nontunai) dibantu sama sopir," kata Bima.

Dia menambahkan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sistem pembayaran menggunakan mesin tapping pada angkot modern yang akan beroperasi di jalur Transpakuan Koridor 4 itu.

"Persiapan sebulan nyiapin kartunya, sosialisasi ke warga, juga buat pelatihan bagi sopir-sopir," kata Bima.

Dia mengatakan angkot modern ini merupakan inisiatif dari Koperasi Duta Jasa Angkutan Mandiri (Kodjari) yang menginginkan adanya angkot yang nyaman bagi penumpang. Untuk sementara tarif ongkos kemungkinan tidak akan berbeda dengan angkot konvensional.

"Nanti sopir angkot modern pakai seragam dan saya minta berhentinya tidak sembarangan berhentin di shelter bus, ini langkah awal untuk proses konversi untuk menuju transportasi publik yang nyaman," tutup Bima.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar