Yamaha

Pemkot Bogor Canangkan Zona Tematik Kampung Buah

  Kamis, 01 Maret 2018   Husnul Khatimah

BOGOR SELATAN, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor dan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Bogor canangkan Zona Tematik Kampung Buah di kota hujan.

Melalui pencanangan Zona Tematik Kampung Buah, diharapkan setiap kelurahan di Kota Bogor akan mempunyai satu jenis pohon buah tertentu yang telah disepakati warga untuk ditanam secara massal, baik di pekarangan, jalur hijau, maupun di kebun dan ladang.

"Nantinya dari hasil rembug warga dan sudah menentukan tematik buahnya, bisa langsung diusulkan ke Distani untuk dibentuk Zona Kelurahan Tematik buahnya," ujar Kepala Bidang Penyuluhan Distani Dian Herdiawan, Kamis (1/3/2018).

Dian mengatakan nantinya penanaman akan mengaplikasikan sistem tumpang sari buah, sehingga peningkatan pendapatan masyarakat dengan menanam pohon buah secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran akan fungsi kelestarian lingkungan hidup.

"Hal ini sejalan dengan visi Distani Kota Bogor dalam mewujudkan agribisnis perkotaan yang ramah lingkungan dan berdaya saing. Untuk pencanangan ini akan dimulai dari Kelurahan Cipaku," ujar Dian.

Dengan dibentuknya Zona Tematik kampung buah tertentu itu dapat menggiring masyarakat untuk datang ke kampung itu ketika terjadi musim panen.

Dian mencontohkan Kelurahan Cipaku, Kelurahan Sukasari, dan Kelurahan Kencana misalnya, tematiknya adalah alpukat. Maka, sambungnya, saat masa panen masyarakat sudah mengetahui dan akan tergiring jika mencari buah alpukat pasti akan ke Kelurahan Cipaku, Sukasari, dan Kelurahan Kencana.

"Contoh lainnya Kelurahan Rancamaya, Kelurahan Kedungbadak, dan Kelurahan Ciparigi tematiknya buah durian. Maka saat panen atau musimnya, opini masyarakat sudah tergiring kalau mencari durian pasti ke Rancamaya, Kedungbadak dan Ciparigi. Begitu juga buah rambutan dan lainnya," ujar Dian.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar