Agrowisata Gunung Mas Berdayakan Masyarakat dengan Kampung Batik

  Jumat, 02 Februari 2018   Husnul Khatimah

PUNCAK, AYOBOGOR.COM -- Setelah sukses memanjakan pengunjung dengan berbagai wahana yang dimilikinya, Agrowisata N8 Gunung Mas Tea Hills kini bakal menghadirkan Kampung Batik di kebun teh terluas di Puncak ini.

Manajer Agrowisata N8, Dudih Setiadi, menuturkan kampung batik dilahirkan selain melengkapi destinasi wisata di Gunung Mas juga merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat sekitar tempat wisata ini.

"Sebagaimana arahan dari Direktur Utama PT. Perkebunan Nusantara VIII Bapak Bagya Mulyanto, Agrowisata Nusantara 8 bersama kebun Gunung Mas berkiprah dalam pemberdayaan masyarakat dengan membentuk Perkumpulan Pekerja Perkebunan Pecinta Batik (P4B)," ujar Dudih kepada ayobogor, Jumat (2/2/2018).

Dudih menjelaskan warga akan diberikan pelatihan membatik sebagai bekal untuk menjadi pengrajin batik dan menjadi instruktur batik. 

Selain melatih warga untuk membatik, pihak pengelola juga akan menjadikan lingkungan perumahan yang ada di kawasan Gunung Mas untuk di cat dengan motif batik sesuai dengan selera penghuni rumah masing-masing.

"Masing-masing rumah di cat motif batik sesuai dengan selera masing-masing penghuninya sehingga akan tercipta kampung batik yang Bersih Aman Tertib Indah Kreatif (BATIK)," ujar Dudih.

Kampung Batik akan diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat pada Sabtu (3/2/2018). Dalam peresmian itu akan diadakan beberapa acara di antaranya pelatihan membatik, pemberian santunan kepada anak yatim, dan pemberian hadiah.

Selain itu sebagai penanda hadirnya Kampung Batik di kebun teh terluas di Puncak itu hari ini pihak pengelola bersama DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Bogor mengadakan pengenalan batik kepada warga sekitar.

Lokasi Gunung Mas berada di permulaan deretan perkebunan teh di Puncak dari arah Gadog/Bogor. Tinggal memerlukan sedikit kejelian melihat ke sisi kanan jalan maka kita akan menemukan sebuah pintu masuk bertuliskan “Gunung Mas” lengkap dengan sebuah patung berupa botol minuman teh dalam kemasan di sisi kiri pintu masuknya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar