Jalur Puncak Tetap Terapkan Sistem Buka Tutup Satu Arah
Oleh Husnul Khatimah, pada Dec 30, 2017 | 22:15 WIB
Jalur Puncak Tetap Terapkan Sistem Buka Tutup Satu Arah
Kepala Korp Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia, Irjen Polisi Royke Lumowa usai meninjau Jalur Puncak (Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Kepala Korp Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia, Irjen Polisi Royke Lumowa mengatakan sistem satu arah atau one way akan diberlakukan di jalur Puncak pada liburan tahun baru lantaran jalan tersebut untuk menampung kendaraan yang datang ke wilayah itu sudah melebihi kapasitas.

"One way atau satu arah karena jalan sudah tidak kuat lagi, sudah over capacity. Ibarat gelas diisi oleh air melebihi gelas pasti tumpah," ujar Royke saat meninjau pengamanan jalur Puncak, Sabtu (30/12/2017) sore.

Royke menjelaskan dikala terjadi volume kendaraan yang melebihi kapasitas maka solusi yang tepat menurutnya adalah mengatur jalan tersebut agar dilewati secara bergantian maka sistem satu arah adalah solusinya.

"Harus ada pengorbanan, pengorbanan itu tidak bisa leluasa setiap saat menuju puncak karena disaat itulah kendaraan padat, (jadi) diatur gantian. Kalau berbarengan nanti malah gak nyampe-nyampe," ucap Royke.

Lebih lanjut Royke mengatakan jalur Puncak macet pada liburan tahun baru sudah sejak lama dialami begitu juga dengan sistem one way di jalur Puncak sudah lama diterapkan oleh karena itu iapun meminta pengertian dari masyarakat.

"Dimohon pengertian masyarakat semua ini dilakukan agar masyarakat semua bisa sampai ke puncak tapi waktunya diatur, "kata Royke.

Sebagaimana diketahui sistem one way belakangan ini kerap diberlakukan oleh polres Bogor di jalur Puncak terutama pada saat liburan panjang. Sistem satu arah dilakukan dengan cara membagi kendaraan yang akan dan meninggalkan Puncak dimana pada pagi hingga siang diberlakukan satu arah menuju puncak dan siang hingga sore satu arah menuju Jakarta.

Editor : Asep DM
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox