Hindari Macet di Puncak, Ayo Berangkat Pagi Hari!
pada Jun 27, 2017 | 06:33 WIB
Hindari Macet di Puncak, Ayo Berangkat Pagi Hari!
Ilustrasi lalu lintas Puncak lengang

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Tibanya masa libur lebaran Idulfitri membuat arus kendaraan di Puncak menjadi padat. Wisatawan dari bernagai daerah, terkhusus Jakarta, saling berebut memasuki wilayah Puncak.

Imbasnya, kemacetam menjadi tak terhindarkan. Antrean kendaraan selalu menumpuk sepanjang Jalur Puncak yang membentang 21 kilometer. Fenomena ini terjadi saban tahun setiap libur panjang tiba.

Catatan kepolisian, antrean kendaraan terjadi Senin (26/6/2017) sepanjang lima kilometer, dari Gerbang Tol Ciawi Kilometer 45 hingga Kilometer 40 Interchange Bogor. Kemacetan juga memanjang sekira tiga kilometer selepas Gerbang Tol Ciawi, tepatnya di kawasan Pasir Angin.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi Hasby Ristama meminta masyarakat yang hendak berlibur ke Puncak untuk datang lebih awal agar dapat terhindar dari kemacetan.

"Imbauan kepada masyarakat yang besok (hari ini) yang hendak melaksanakan liburan ke Puncak, dimohon bisa lebih pagi lagi untuk bisa melaksanakan kegiatannya," kata Hasby, Senin (26/6/2017).

Ia mengatakan, kepolisian juga melakukan pemberlakuan sistem satu arah secara bertahap. Pagi hari, sistem satu arah menuju Puncak diberlakukan sejak pukul 07.30-10.30 WIB. Sementara dari Puncak ke arah Jakarta berlaku 13.00 sampai jam 17.00 WIB.

Polisi juga merilis sejumlah kawasan titik persimpangan yang dikenal rawan macet di Puncak, antara lain Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Megmendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Pasar Cisarua, Simpang Taman Safari, dan Simpang Ciburial.

"Masyarakat pada saat menggunakan Jalur Puncak harus bersabar, karena memang jalurnya kecil, sempit. Untuk kecepatannya pun juga padat. Diimbau untuk tidak melawan arus, mendahului kendaraan lain (saat macet). Karena nantinya malah akan menimbulkan kemacetan," kata dia.(Hengku Sulaksono)

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi