Yamaha

Liburan Ekstrem di Tiga Curug Gunung Sadon

  Sabtu, 01 Juli 2017   Andres Fatubun
Selamat datang di Jawa Barat,

Informasi ini dipersembahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat.

Supported by: Ayo Media Network

BOGOR,AYOBOGOR.COM -- Sentul sudah terkenal dengan pesona alamnya yang elok. Keindahan alam Sentul yang khas dengan dataran tinggi menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Di kawasan Sentul, tepatnya di Desa Karang Tengah terdapat objek wisata alam yang masih terbilang anyar. Curug Putri Kencana namanya yang memiliki tiga curug yang dapat kamu nikmati hanya dengan sekali membayar tiket masuk. Dengan membayar  Rp10 ribu  per orang kamu sudah bisa menikmati tiga curug sekaligus.

Ketiga curug itu yakni, Curug Putri Kencana, Curug Leuwi Jodo dan yang teratas yaitu Curug Love. Untuk mencapai lokasi masing masing curug, jalur yang dilalui cukup menantang dan menguras tenaga. Namun bagi kamu yang sudah terbiasa hiking, jalur yang dilalui tidak akan terasa berat.

Untuk menuju Curug Love jalurnya masih natural pegunungan dengan bebatuan dengan kontur tanah yang berbeda membuat wisatawan harus ekstra hati hati ketika melewati jalur ini.

Jarak tempuh dari Curug Putri Kencana hingga mencapai Curug Love kurang lebih 30-45 menit. Selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pesona Gunung Sadon yang masih sangat asri.

Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan salah satu penghuni Gunung Sadon, yakni kera dan burung burung hutan. Suasana alam pegunungan serta udara yang segar akan mengiringi kamu selama perjalanan menuju Curug Love.

Akibat jarak tempuh yang lumayan, tak sedikit wisatawan yang hanya sampai di Curug Leuwi Jodo saja dan tidak melanjutkan perjalanan ke Curug Love.

"Capek banget, tadi udah jalan 15 menitan, enggak sanggup kalau nerusin ke atas" ujar Bedi salah satu wisatawan Curug Putri Kencana saat ditemui Ayobogor.

Lokasi ketiga curug yang berada di Gunung Sadon tak berpenghuni membuat air Sungai Sadon sangat jernih. Aliran air Sungai Sadon merupakan yang terjernih di antara curug yang ada di wilayah sentul ini.

Selain jernih, ketiga curug juga menawarkan wahana alami yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Apalagi kalau bukan melompat dari ketinggian batu yang ada di setiap curug.

Dengan ketinggian curug yang bervariasi mulai dari yang terendah 2 meter hingga yang tertinggi 12 meter mampu membuat adrenalin kamu tertantang lho. Tentunya dengan dilengkapi alat safety seperti mengenakan pelampung.

Fasilitas yang tersedia di setiap curug juga terbilang memadai seperti tempat singgah, warung, dan ruang bilas untuk berganti pakaian.

"Kita terus membenahi fasilitas yang ada ya, seperti sekarang ini sudah ada gazebo untuk istirahat, warug warung, toilet dan mushala," ujar Encep Darussalam selaku anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang mengelola Curug Putri Kencana.

Sayangnya bagi kamu yang membawa kendaraan roda empat harus rela berjalan kaki untuk mencapai gerbang utama. Hal ini dikarenakan akses jalan yang kurang memadai untuk dilalui kendaraan roda empat.

Namun tidak perku khawatir, buat kamu yang tidak ingin berjalan kaki, di area parkir mobil sudah tersedia ojek motor yang bisa mengantarkanmu hingga ke lokasi. (Ngesti Sekar)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar