Yamaha

IPB Buka Departemen Ilmu Ekonomi Syariah

  Selasa, 16 Mei 2017   Adi Ginanjar Maulana
Logo IPB

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Institut Pertanian Bogor atau IPB membuka Departemen Ilmu Ekonomi Syariah. Pembukaan departemen baru ini merupakan respons IPB terhadap aktivitas ekonomi syariah yang dinilai berkembang belakangan ini.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, IES sebelumnya berstatus program studi. Prodi IES dibuka pada tahun 2010 silam dan berada di bawah Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

"April tahun ini Senat Akademi kIPB telah menyetujui pembentukan Departemen Ilmu Ekonomi Syariah," kata Herry di sela-sela Dies Natalies dan Tasyakuran Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB, di IPB International Convention Cemter, Selasa (16/5/2017).

Dengan peralihan status dari prodi menuju deparemen, kata Herry, IES bakal punya keleluasaan dan tanggung jawab lebih untuk berkembang. Departemen IES, sebut Herry, bakal menjadi rumah bagi akademisi-akademisi yang menekuni bidang ekonomi syariah.

"Departemen ini nanti akan mengelola sumber daya berupa dosen, fasilitas, peralatan, juga anggaran," katanya. Ia menuturkan, saat ini Departemen IES baru memiliki satu produ, yakni prodi IES.

Herry juga mengaku optimis dengan peluang lulusan Departemen IES k depan. Pasalnya, ia menilai aktivitas ekonomi syariah di Indonesia saat ini tengah bergeliat.

"Saya kira besar sekali peluangnya. Karena perbankan syariah, asuransi syariah, banyak aktivitas terkait dengan ekonimi syariah ini. Jika nanti berkembang, banyak sekali lulusan kita yang berkiprah di bidang itu," kata dia.(Hengky Sulaksono)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar