Yamaha

Daftar Kartu Indonesia Sehat Kini Bisa via Telpon

  Senin, 15 Mei 2017   Andres Fatubun
Warga sedang mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Wahyu Putro/AntaraFoto.

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Para peserta Badan Pelayanan Jaminan Sosial alias BPJS Kesehatan kini tak perlu lagi repot mengantre untuk mendaftar Kartu Indonesia Sehat. Calon peserta BPJS dapat mengakses Care Center 1500-400 untuk mengurus pendaftaran.

Layanan anyar BPJS Kesehatan tersebut telah diluncurkan di 25 kabupaten/kota se-Tanah Air, termasuk di Kabupaten Bogor yang juga kebagian jatah layanan.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cibinong, Parasamya Dewi Cipta, mengatakan pendaftaran via telpon tesebut merupakan inovasi layanan Care Canter yang sebelumnya hanya berfokus pada fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter, dan pengelolaan media sosial.

"Saat ini dikembangkan fungsinya. Salah satunya adalah pendaftaran peserta PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telpon," kata Prasamya di Bogor, Senin (15/5/2017).

Ia mengatakan, layanan ini berlaku untuk kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peaerta mandiri, dan Bukan Pekerja (BP). Selain pendaftaran, calon peserta juga bisa menggunakan layanan telpon untuk mengurus keperluan kepesertaan lainnya.

"Peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telpon, kelas rawat, dan fasilitas kesehatan tingkat pertama," katanya.

Parasamya menuturkan, petugas Care Center nantinya bakal mempertanyakan sejumlah informasi yang diperlukan, antara lain Nomor KK, NIK, Nomor Rekening Tabungan, nomor ponsel, domisili, serta alamat email.

"Setelah syaratnya siap, calon peserta bisa menghubunhi Care Center. Calon peserta akan dilayani petugas. Rekaman pembicaraan antara calon peserta dan petugas akan menjadi bukti pendaftaran," ujarnya.

Selepas pendaftaran via telpon usai, petugas bakal mengirim nomor Virtual Account (VA) menuju nomor ponsel atau email calon peserta. Setelah itu, calon peserta harus membayar iuran pertama yang bersifat wajib.

"Yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari, dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan," ujar Parasamya.

Peserta yang mendaftar via Care Center diwajibkan melakukan pembayaran pertama ke bank, serta dengan mekanisme autodebit untuk pembayaran berikutnya. Sejak pembayaran pertama, kartu peserta langsung aktif. Petugas BPJS Kesehatan bakal mengirimkan KIS ke alamat yang diinformasikan saat pendaftaran.

"Kita berharap layanan ini bisa memberikan kemudahan kepada peserta. Sehingga antrean akibat pendaftaran langsung di Kantor BPJS dapat ditekan," kata dia. (Hengky Sulaksono)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar