Yamaha

Pemkot Bogor Kendalikan Alih Fungsi Lahan Pertanian

  Rabu, 28 Desember 2016   Adi Ginanjar Maulana
Petani beraktivitas di lahan pertanian di kawasan Pondok Rajeg Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/12). (Antara)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengoptimalkan lahan pertanian yang tersisa dengan upaya khusus mendukung program swasembada beras.

"Kami berterima kasih dengan Kodim 0606/Kota Bogor yang sukses menjalankan program ketahanan pangan, dengan menggerahkan petani di lahan-lahan pertanian yang tersisa," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, di Bogor, Selasa.

Ia mengatakan, selama lima tahun terakhir lahan pertanian di Kota Bogor mengalami penurunan akibat konversi lahan.

Saat ini luas lahan pertanian yang tersisa mencapai 320 hektare. Lahan tersebut sebagian besar berada pada dua kecamatan, yakni Bogor Selatan dan Bogor Barat.

Namun, lanjutnya, lahan tersebut tetap mampu berkontribusi dalam menyediakan pangan, salah satunya kegiatan panen raya di Kampung Cibulang Mekar, Situgede, Kecamatan Bogor Barat menggunakan teknik demplot serapan jajar legowo.

Lahan pertanian digarap oleh Kelompok Tani Wanita Delima seluas satu hektare.

"Kami berupaya mempertahankan lahan pertanian yang ada saat ini, agar tetap menjadi lahan hijau," katanya.

Menurutnya, upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dengan melakukan intensifikasi secara terus menerus, seperti yang dilakukan Kelompok Tani Wanita Delima, Kelurahan Situgede yang mengelola lahan pertanian menjadi tempat yang menarik.

"Kalau ekstensifikasi sudah tidak mungkin dilakukan karena lahannya memang terbatas," katanya pula.

Bima menilai, lokasi pertanian di Kampung Cibulang Mekar tidak hanya cocok sebagai lahan pertanian, tetapi juga bisa dikembangkan sebagai tempat workshop, bimbingan teknis maupun pelatihan-pelatihan.

"Selain itu, karakternya perkotaan, sehingga sangat mungkin bisa dijadikan lokasi wisata untuk rekreasi keluarga," kata dia lagi.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar