Yamaha

Umat Katolik Bogor Gelar Ibadah Pengakuan Dosa

  Senin, 19 Desember 2016   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi Natal.(Antara)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Umat Katolik di Kota Bogor, Jawa barat, melaksanakan ibadah pengakuan dosa menjelang perayaan Natal 2016 di Gereja Katedral Santa Perawan Maria.

"Sakramen atau ibadah pengakuan dosa ini berlangsung empat hari dimulai dari tanggal 19 sampai 22 Desember," kata Ignatius Herjanjam, Pengurus Dewan Paroki Seksi Komunikasi Gereja Katedral Kota Bogor, Senin (19/12/2016).

Ignatius menjelaskan, ibadah pengkuan dosa ini diikuti jemaat Gereja Katedral Perawan Maria Kota Bogor, berlangsung dari pagi hingga malam.

"Sakramen itu ibadah mengakui dosa-dosa kepada Tuhan melalui romo (pastor)," katanya.

Menurutnya, ibadah ini kesempatan untuk menyesali perbuatan dosa dan mohon pengampunan dari Yesus.

"Makna ibadah sakramen ini adalah menyambut kelahiran Yesus Kristus dengan batin baru, " katanya.

Ignatius mengatakan, menjelang perayaan Natal, Gereja Katedral Bogor telah mempersiapkan berbagai keperluan, mulai dari pesiapan panitia, serta ibadah adven (masa penantian).

Pengurus Gereja itu telah membahas persiapan pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 dalam rapat bersama dengan TNI, Polri, dan organisasi masyarakat.

"Gereja sudah berkoordinsi dengan Polri dan TNI untuk pengamanan," katanya.

Ia menambakan, pengamanan akan melibatkan anggota TNI dan Polri, dibantu Banser dari NU GP Ashor dan pengamanan dalam gereja.

"Dari internal gereja sudah disiapkan lima orang, khusus bertugas pada saat malam Misa Natal. Banser NU mengerahkan 200 orang, sedangkan jumlah anggota TNI dan Polri belum dipastikan jumlahnya," katanya.

Menjelang Hari Natal, pengurus Gereja Katedral Bogor mengimbu jamaat untuk tetap tenang daan damai dalam menjalankan ibadah Natal serta memelihara kerukunan umat.

Total ada 10 ribu lebih pemeluk Katolik akan beribadah di Gereja Katedral Santa Perawan Maria di Jalan Kapten Muslihat.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar