Yamaha

Begini Suasana Monas saat Aksi Damai

  Jumat, 02 Desember 2016   Adi Ginanjar Maulana
Para peserta aksi Doa Bersama melakukan shalat Jumat di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Jumat (2/12/2016). (Antara)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM--Peserta acara Doa Bersama melakukan ibadah Salat Jumat di jalan sekitar Monumen Nasional, Jakarta Pusat.

Sejumlah jemaah memadati halaman Gedung Wisma Antara di Jalan Medan Merdeka Selatan. Bahkan, sejumlah orang dipersilahkan untuk melaksanakan shalat Jumat di masjid di lantai tiga Wisma Antara.

Komisaris PT. ANPA International, Hempi Prajudi mengatakan sejak Kamis pihaknya sudah melakukan rapat untuk membuka sejumlah fasilitas gedung untuk dipakai oleh peserta Doa Bersama.

"Kami menyiapkan tempat wudhu di halaman parkir kemudian toilet laki-laki di parkiran dan toilet perempuan di lobi," kata Hempi.

Selain itu, Gedung Wisma Antara membuka teras lobi dan parkiran. Para perempuan pun banyak yang duduk di parkiran sambil berdoa.

Sebagian massa juga melaksanakan shalat Jumat di luar areal Balai Kota DKI Jakarta.

Meski hujan deras mengguyur kawasan Monas dan sekitarnya, massa tetap bertahan di saf masing-masing dan melangsungkan ibadah shalat Jumat bersama-sama.

Sementara itu, kondisi di dalam areal kompleks Balai Kota saat ini terpantau aman dengan adanya pengamanan dari personel kepolisian dan TNI.

Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sebagian massa melaksanakan ibadah shalat Jumat di dalam Masjid Fatahillah yang juga masih berada di areal Balai Kota.

Sebagian peserta acara Doa Bersama juga menempati sepanjang Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Jemaah memadati dua sisi jalan raya dari Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan Thamrin, berdoa dan salat di sana.

"Dianggap saja sebagai berkah, hujan ini kami anggap sebagai berkah," kata Suprianto, salah satu peserta doa bersama, di depan Starbucks Sarinah, sesaat sebelum salat.

Selain di kawasan sekitar Monas, sebagian peserta aksi Doa Bersama juga melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.

Mereka tidak bisa ikut melaksanakan doa bersama dan Salat Jumat berjamaah yang dipusatkan di Monas, lantaran mereka tidak bisa masuk ke kawasan Monas. Jalan di Tugu Tani menuju ke kawasan Monas ditutup oleh petugas.

"Dari jam 10 pagi saya tidak bisa tembus ke Monas karena jalan di Tugu Tani ditutup," kata salah seorang peserta aksi.

Jemaah yang ingin melaksanakan Salat Jumat di Masjid Cut Meutia pun membludak. Mereka harus menggelar sajadahnya di halaman parkir masjid.

Namun, lantaran di kawasan Menteng diguyur hujan mereka berbondong-bondong masuk di samping masjid agar tidak kehujanan. Meski diguyur hujan cukup deras, jemaah tetap khusyu' melaksanakan ibadah Salat Jumat.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar