Orang Tua Perlu Intensif Berkomunikasi dengan Anak

  Rabu, 30 November 2016   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi. (net)

BANDUNG, AYOBOGOR.COM—Bupati Bandung Barat Abubakar mengharapkan orang tua untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan anak.

"Tumbuh kembang psikologis anak salah satunya ditentukan oleh komunikasi yang baik dengan orang tua. Makanya, orang tua harus melakukan komunikasi yang baik dengan anak," katanya selepas peringatan hari anak, Rabu (30/11/2016).

Menurutnya, perkembangan teknologi cukup mempengaruhi komunikasi antara orang tua dengan anak. Tidak jarang komunikasi antara orang tua dengan anak terhalang oleh perkembangan teknologi.

"Dulu komunikasi antara anak dengan orang tua tidak mempunyai hambatan, tapi dengan perkembangan teknologi malah sebaliknya. Baik anak maupun orang tua lebih cenderung asik dengan media sosial yang bisa diakses melalui gadget," paparnya.

Pemerintah tidak bisa membendung perkembangan teknologi komunikasi, karena berbagai aspek kehidupan sudah mengharuskan menggunakan teknologi.

"Di sini diperlukan kearifan orang tua untuk berusaha menjalin komunikasi yang baik, paling tidak mengajak ngobrol. Jangan sampai anak terlalu fokus dalam dunianya sendiri tanpa ada pengawasan," ujarnya.

Dengan komunikasi yang baik, maka hak anak mendapat kasih sayang dari orang tua akan terpenuhi.

"Jangan sampai orang tua dikalahkan oleh gadget. Kalau komunikasi tidak terjalin dengan baik, anak akan cenderung mementingkan gadget dibanding ngobrol dengan orang tua," ujarnya. (Mildan)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar