Komunitas Jendela, Sukseskan Anak-anak Lewat Pendidikan Nonformal

  Rabu, 30 November 2016   Adi Ginanjar Maulana
Salah satu kegiatan Komunitas Jendela. (Ist)

BANDUNG, AYOBOGOR.COM—Pendidikan salah satu bagian penting bagi anak, terutama dalam menumbuhkan karakter untuk menggapai cita-cita masa depan yang lebih baik.

Berangkat dari kepedulian pendidikan, sekumpulan relawan di Yogyakarta pada 12 Maret 2011 berinisiatif mendirikan wadah Komunitas Jendela sebagai upaya mendorong anak-anak menjadi cerdas.

Koordinator sementara Jendela Bandung Yuliana Zahra Lubis mengatakan komunitas tersebut didirikan dari ide sederhana saat para peserta seleksi program ‘Indonesia Mengajar’ angkatan kedua dari Yogyakarta yang ingin berkarya serta berkontribusi untuk pendidikan anak.

“Para pemuda di sana berkumpul karena memiliki keinginan sama yakni memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia,” ujarnya, Selasa (29/11/2016).

Nama ‘jendela’ sendiri mengacu pada filosofi ‘buku adalah jendela dunia’. Filosofi ini yang kemudian menjadi latar belakang nama dari Komunitas Jendela.

“Nama yang singkat dan sederhana, namun memiliki jutaan makna dan cita-cita,” ujar Yuliana.

Setelah berakhirnya program ‘Indonesia Mengajar’, ujar dia, Komunitas Jendela yang pada awalnya hanya terdapat di Yogyakarta kemudian dikembangkan ke berbagai daerah seperti Bandung, Jakarta, Lampung, dan lainnya.

“Awalnya kan di Yogyakarta. Nah anggota–angota di sana kemudian melanjutkan kuliah atau bekerja di luar Yogyakarta dan mendirikan komunitas di daerahnya masing-masing,” katanya.

Kendati berada di daerah yang berbeda, Komunitas Jendela memiliki visi sama yakni menjadi komunitas berjiwa muda yang fokus berkarya dan berkontribusi pada pendidikan anak.

Adapun fokus kegiatan Komunitas Jendela saat ini antara lain membaca buku, bermain permainan tradisional, kelas Bahasa Inggris, dan membuat prakarya.

Yuliana mengatakan semua orang dapat menjadi anggota komunitas tersebut.

“Hanya untuk menjadi anggota, diharapkan setiap individu dapat ikut berkontribusi dengan cara mengajarkan anak-anak dengan kegiatan positif seperti mengajar membaca, memasak, dan Bahasa Inggris,” ujar warga Parakan Asri Kota Bandung ini.

Dengan adanya Komunitas Jendela, Yuliana mengharapkan ikut berkontribusi menumbuhkembangkan bakat anak.

“Tingkat literasi di Kota Bandung yang meningkat dapat membantu untuk menumbuhkan pengetahuan anak menggapai cita-citanya di masa depan,” katanya. (Husnul)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar