Serangan Jantug Bisa Datang Tiba-Tiba Meski Kondisi Sehat, Kenali Tandanya

- Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:52 WIB
Serangan jantung saat sendirian dapat membuat seseorang merasa tak berdaya. Ada hal boleh dan tidak boleh saat serangan jantung terjadi.ilustrasi (Shutterstock)
Serangan jantung saat sendirian dapat membuat seseorang merasa tak berdaya. Ada hal boleh dan tidak boleh saat serangan jantung terjadi.ilustrasi (Shutterstock)

AYOBOGOR.COM -- serangan jantung menewaskan banyak orang. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengemukakan, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Penyakit jantung telah merenggut 17,9 juta nyawa setiap tahun. Satu per tiga dari kematian akibat komplikasi jantung terjadi sebelum waktunya.

Faktor risiko penyakit jantung adalah pola makan yang tidak sehat, aktivitas fisik yang kurang, konsumsi alkohol, tekanan darah tinggi, peningkatan glukosa darah, kelebihan berat badan dan obesitas.

Selain menerapkan pola hidup sehat, Anda juga bisa mengetahui tanda-tanda serangan jantung. Dilansir dari Republika.co.id, Berikut lima tanda-tanda seranggan jantung seperti dikutip Times of India:

Baca Juga: CPNS 2023 Kembali Dibuka Bagi Lulusan SMA Sederajat, Tersedia di 24 Kementerian

1. Rasa panas di dada (heartburn)               

Jan Marie Brown (65 tahun) pernah mengalami serangan jantung saat dia berusia 47 tahun. Kala itu, kesehatan dia sangat baik. Namun, pada suatu hari, dia bangun dan merasa panas dan terbakar di dada. Selain itu, ada rasa sakit di esofagusnya.

Ketika menunggu di laboratorium untuk pemeriksaan darah, dia mulai keringatan. “Saya tidak kepanasan, saya hanya berkeringat. Saya keluar dari mobil, berharap udara segar dapat membantu saya. Namun, saat saya berdiri, saya sangat lemah. Beberapa menit kemudian saya sulit bernapas. Tiba-tiba saya mengalami serangan jantung,” kata Brown.

2. Dada sesak

Salah satu tanda klasik serangan jantung adalah dada sesak. Inilah yang dialami oleh Ray Brian. Dia mengaku tidak bisa mengatur napas dan keringat mulai mengalir deras.

“Saya mencoba berbicara tetapi tidak bisa. Itu bukan serangan jantung major, tetapi saya berada di rumah sakit selama sepekan,” ujarnya.

3. Dada sakit

Saat perjalanan pulang, suami Quine Creek menelepon mengeluhkan dadanya yang sakit. Creek memaksa suaminya untuk pergi ke UGD untuk pengecekan. Suaminya menolak karena dia mengklaim dirinya baik-baik saja karena dia tidak mempunyai penyumbatan apa pun di jantungnya.

Baca Juga: Marak Isu Penculikan, Polresta Bogor Minta Masyarakat Lakukan Hal Ini

Tiga pekan kemudian, dia bermain golf dan menelepon Creek untuk mengabarinya. Namun, beberapa jam kemudian, ada panggilan tak terjawab dari sahabatnya yang tidak ikut bermain golf.

“Suami saya telah meninggal karena cardiac arrest (henti jantung). Dia mengemudikan kereta golf dan seketika itu jatuh,” ucap dia.

4. Rasa sakit luar biasa di lengan kiri hingga ujung jari

Bagi Mike Brigham, tanda pertama serangan jantung adalah nyeri di dada yang menjalar ke lengan kiri. Dia bangun dengan rasa sakit di dadanya, mengalir dari lengan kiri hingga ujung jarinya.

“Sisi kiri rahang dan leher saya mulai sakit. Rasa sakitnya sangat parah seperti terbakar. Saya mengalami nyeri dada dua pekan sebelum serangan ini, tidak begitu parah,” ujarnya.

5. Sakit punggung di antara tulang belikat

Tekanan darah Jennifer Moore normal bahkan selama serangan jantung. Gejala utama bagi dia adalah sakit punggung di antara tulang belikat. Malam sebelum serangan jantung dia mengalami kontraksi dan kemudian berhenti dan mulai lagi.

Baca Juga: Jangan Main Judi Online, Pasti Kalah!

“Pada pagi hari saya mencoba berjalan ke kamar mandi tetapi saya sangat pusing sehingga saya tidak dapat fokus. Saya tidak merasakan sakit dada sama sekali,” kata dia.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X