Pemkot Bogor Recanakan Konversi Angkot BBM ke Listrik

- Minggu, 4 Desember 2022 | 06:14 WIB
Subsidi BBM Bagi Pengendara Angkot di Kabupaten Bandung (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Subsidi BBM Bagi Pengendara Angkot di Kabupaten Bandung (Ayobandung.com/Kavin Faza)

AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Kota atau Pemkot Bogor mempertimbangkan mengganti angkutan umum kota atau angkot berbahan bakar minyak atau BBM dengan angkot berdaya listrik untuk mendukung langkah pemerintah pusat beralih dari ketergantungan energi fosil ke listrik.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, konversi angkot BBM ke angkot listrik menjadi salah satu pilihan di saat angkot masih cukup banyak beroperasi. Sementara angkutan Biskita Trans Pakuan Bogor masih terbatas dan sedang terus diupayakan.

"Bisa menjadi pilihan, tapi kita tetap butuh dukungan pemerintah pusat. Angkot BBM ke angkot listrik butuh berapa jika dikonversi," kata Dedie dilansir dari Republika.co.id, Minggu, 4 Desember 2022.

Baca Juga: UMK Surabaya 2023 Berapa? Wali Kota Eri Sebut hingga Rp4 Jutaan Lebih

Dedie menyampaikan, pilihan itu muncul untuk penataan transportasi yang selama ini cukup rumit mengatasi kemacetan. Namun, saat ini kondisi lalu lintas mulai membaik, seperti di sekitar area sistem satu arah (SSA) mulai Tugu Kujang, Pasar Bogor, Surya Kencana, Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, Lapangan Sempur hingga kembali ke Tugu Kujang.

Sebelumnya, mulai dari Tugu Kujang hingga Pasar Bogor selalu mengalami kemacetan panjang akibat angkot dan penumpangnya yang kurang tertib serta para pedagang kaki lima. Ditambah kondisi mobil angkot yang banyak sudah kurang laik jalan.

Di samping itu, kata Dedie, Pemerintah Kota Bogor memiliki program untuk menyebarkan aktivitas masyarakat yang bertumpu di pusat kota mulai mengisi ke wilayah-wilayah perbatasan.

Maka itu, konversi angkot menjadi penting untuk mengurangi volume kendaraan tersebut di pusat kota dan digantikan oleh Biskita Trans Pakuan. Sebagian angkot yang masih akan beroperasi di wilayah perbatasan pun perlu perubahan seiring kebijakan pemerintah pusat soal kendaraan listrik.

Baca Juga: iPhone 14 Pro Max Anti Air Pakai iOS 16 dan RAM 6 GB, Ini Harga dan Spesifikasi

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Fakta Siswa Siswi Atlet Dance Sport SMPN 1 Ciawi

Rabu, 18 Januari 2023 | 12:37 WIB
X